Cara Memasak Tepung Garut untuk Asam Lambung

Cara Memasak Tepung Garut Untuk Asam Lambung

Banyak sekali type umbi-umbian yang bisa jadi bahan makanan pengganti beras. Salah satunya adalah umbi garut. Sudah tak asing ya bersama umbi yang satu ini?

Ada terhitung di beberapa tempat di Indonesia yang menyebut umbi garut bersama sebutan irut, arut, garut, jelarut, ataupun patat sagu. Wujud tanaman umbi garut ini adalah layaknya semak-semak bersama tinggi kurang dari satu meter.

Manfaat Umbi Garut untuk Maag

Jika Bunda pernah menjumpai atau mungkin punya tanaman ini di pekarangan rumah, jangan disepelekan ya. Sebab, umbi garut ternyata tak cuma bisa dijadikan sebagai makanan pengganti beras. Umbi garut sendiri bisa diolah pas usia 3-4 bulan. Biasanya, umbi garut biasanya bakal kami temui di pasaran sebagai pati dan bisa dijadikan pengganti tepung terigu. Tepung dari umbi garut digunakan sebagai pengenyal beragam type masakan, Bunda.

Tak cuma bisa dijadikan bahan alternatif untuk keperluan di dapur. Usut punya usut, umbi garut punya segudang fungsi bagi kesehatan, lho.

Sebuah penelitian yang mengatakan perihal fungsi umbi garut terhitung mengatakan bahwa umbi garut bisa dijadikan sebagai alternatif obat tradisional. Umbi garut diklaim bisa digunakan untuk pengobatan penyakit yang terkait bersama pencernaan, lho. Seperti maag, diare, dan radang usus.

Cara Memasak Tepung Garut untuk Asam Lambung

Perasaan umbi garut bisa dikonsumsi sebagai alternatif untuk membuat sembuh maag dikarenakan tanaman ini mempunyai kadar zat pati. Olahan lain yang bisa dicoba yaitu bersama mengukus atau memanggang umbi garut. Kandungan tersebut berfaedah sebagai sumber karbohidrat. Garut punya pembawaan khas mendinginkan perut, Bunda. Seratnya yang pendek sebabkan umbi garut lebih enteng untuk dicerna.

Umbi tanaman garut (Marantha arundinaceae L.) merupakan alternatif pengganti beras yang punya kadar serat dan kadar karbohidrat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Umbi garut bisa diproduksi jadi makanan enteng layaknya emping dan produk 1/2 jadi bersifat tepung maupun pati.

Proses pembuatan emping garut adalah sebagai berikut. Umbi garut berdiameter 2-3 cm dikupas kulitnya dan dicuci kemudian dipotong-potong setebal 1 cm. Selanjutnya direbus bersama ditambahkan bumbu (1,5% garam dan 2% bawang putih). Setelah umbi masak, diangkat dan ditiriskan kemudian dipipihkan di atas lembaran plastik (seperti pada pembuatan emping melinjo). Jika emping biasanya dibuat dari melinjo bisa sebabkan asam urat. Tapi emping garut tidak punya kandungan purin, sehingga aman bagi orang yang berpenyakit asam urat.

Selain emping, proses pembuatan pati garut terhitung memadai sederhana. Umbi garut dicuci bersih, lantas hancurkan bersama mesin penggiling. Selanjutnya disaring sehingga diperoleh larutan pati. Larutan pati diendapkan sampai diperoleh pati basah. Lalu dicuci ulang dan diendapkan sebanyak 3-4 kali. Pati basah dikeringkan sehingga diperoleh pati garut.

Sementara itu, proses pembuatan tepung garut yaitu umbi garut segar dikupas, diiris dan direndam bersama larutan Natrium bisulfit 0,3% selama 1 jam. Setelah ditiriskan, kemudian dikeringkan pada pengering kabinet bersama suhu 60-70% selama 5-6 jam dan ditepungkan lantas diayak bersama ayakan 100 mesh sebanyak 2 kali sampai diperoleh tepung garut yang halus.

Proses pengolahan pangan berbahan dasar umbi garut ini bisa jadi potensi pengembangan pangan lokal yang amat besar, dan jadi pengganti makanan berbahan dasar tepung dan beras yang lebih sehat.

Cara Memasak Umbi Garut untuk Atasi Asam Lambung dengan Mudah

  • Bahan bubur
    6 sdm tepung garut
    10 sdm gula pasir
    1 sdt garam
    700 ml air
    5 tetes esen pandan warna hijau
  • Bahan santan
    2 sachet santan kara ukuran kecil
    1/2 sdt garam
    200 ml air

Langkah Memasak Umbi Garut untuk Atasi Asam Lambung

  • Rebus 700 ml air, setelah mendidih masukkan gula, garam dan esen pandan.
  • Larutkan 6 sdm tepung garut kedalam 300 ml air, aduk2 sampai rata sampai tidak tersedia yg menggumpal.
  • Tuang larutan tepung garut ke rebusan air yg telah mendidih, aduk2 sampai mengental.
  • Setelah bubur mateng kami buat santan, rebus 300 ml air, setelah mendidih masukkan 1/2 sdt garam, kecilkan api, masukkan santan kara aduk2 tetap jgn sampai pecah.
  • Sajikan